Jumat, 18 Juni 2010

Review Green Infrastructure

greenvalues.cnt.org
Green Infrastructure
Saat ini, begitu maraknya pembangunan di penjuru negeri menjadi pusat perhatian utama masyarakat, kerja pemerintah dianggap titik fatal keberhasilan pembangunan. Pembangunan tersebut merupakan suatu pembuktian bahwa negara kita berkembang baik secara fisik,ekonomi, structural, dan social. Namun apakah pembangunan yang dilakukan sudah sesuai dengan yang diharapkan? Apakah membuat masyarakat nyaman? Atau bahkan membuat masyrakat sengsara? Pertanyaan-pertanyaan ini yang terbesit di pikiran kita saat kita melihat pembangunan infrastruktur yang makin marak saat ini.
 Kebanyakan pengerjaan pembangunan tersebut menjadi ajang barter antara pejabat korup dengan para developer, hal ini dilakukan demi kepentingan masing-masing yang keduanya ingin meraup keuntungan sebesar-besarnya, namun perbuatan mereka ini tidak mempertimbangkan aspek social dan lingkungan masyarakat sekitar akhirnya kota yang awalnya asri dan hijau menjadi gersang ditumbuhi bangunan pencakar langit dimana-mana. Apakah ini yang kita harapkan? Jawabannya tentu tidak, karena yang diinginkan adalah kota berkembang yang tetap selaras dengan alamnya. Oleh karena itu peran penting tiap individu sangat dibutuhkan dalam hal ini. Baik dari pemerintah, pengusaha, developer, dan masyarakatnya sendiri.
 Peran pemerintah adalah bagaimana mengatur, mengawasi, dan menindak lanjuti peraturan dan undang-undang yang terkait dengan pembangunan infrastruktur dengan teliti dan bijak. Peran pengusaha adalah menyadari besarnya keuntungan yang akan didapat bila bisa membangun ekonomi kota dengan tetap bersahabat dengan alam, pentingnya penghijauan untuk masa depan kota dan warganya yang lebih baik. Peran developer adalah sebagai mesin pengerak pembangunan dan penatalaksana pembangunan yang taat pada peraturan, merencanakan membuat Green city serta sadar menjaga lingkungan hijau. Sedangkan peran masyarakat adalah mengawasi dan ikut menjaga lingkungan dan infrastruktur yang ada. Dengan kolaborasi peran serta tersebut, saya yakin bahwa Green Infrastructure akan terwujud hingga dapat menciptakan Green City.
Hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk dapat turut serta mewujudkan green infrastructure ini adalah dengan mempertahankan RTH pada kawasan tempat tinggal mereka, membuat atap vegetasi( menanam tanaman di atap sebagai penyerap energy matahari), restorasi daerah rawa, penanaman 1000 pohon pada kawasan lingkungan hidup, mengganti aspal dengan paving untuk jalan lingkungan, membuat kawasan hijau untuk jogging track maupun pedestrian ways. Dengan melakukanlangkah-langkah tersebut, diyakini bahwa kita bisa turut mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan sekitar kita.Selengkapnya di: http://greenvalues.cnt.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar