Kamis, 02 September 2010

Review Morfologi Arsitektur Kota Cordoba, Spanyol

Review Artikel Morfologi Arsitektur Kota Cordoba, Spanyol 

written in Sept'2 2010. 
Copyright by Roosmayri Lovina, NIM L2D009011

Morfologi arsitektur kota adalah merupakan ilmu terapan yang mempelajari tentang sejarah terbentuknya pola arsitektur suatu kota. Arsitektur selalu berhubungan dengan ruang dan estetika. Pada setiap kota pasti memiliki gaya dan pola arsitektur yang berbeda didasarkan pada sejarah berdirinya kota tersebut. Mengapa kita harus mempelajari sejarah mengenai pembetukan kota tersebut? Hal ini tentunya dilandasi oleh beberapa alasan, selain menyelidiki bagaimana para seniman bersejarah merancang dan membangun kota tersebut menjadi kota yang memiliki ciri khas berbeda dengan kota yang lain, hal ini juga diperlukan untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang berkembang dan gaya hidup masyarakat kota tersebut sehingga membentuk karakteristiknya sendiri.

Dalam review kali ini, akan dibahas mengenai morfologi arsitektur kota Cordoba. Cordoba merupakan salah satu kota di kawasan Andalusia terletak di bagian selatan Spanyol. Kota ini merupakan kekuasaan Roma pada awalnya yang kemudian diduduki oleh Khalifah Islam Ummayah. Cordoba merupakan kota taman yang terletak semenanjung Iberian. Cordoba memiliki iklim Mediteran yang dipengaruhi oleh Samudera Atlantik. Pada saat musim dingin maka akan sangat sejuk hingga beku. Suhu maksimumnya pada saat musim panas mencapai 400C yang merupakan suhu tertinggi di Eropa.  Pada zaman sekarang Cordoba berkembang menjadi kota modern namun masih tetap mempertahankan kota tua nya yang memiliki daya tarik arsitektur bangunannya yang bercirikan Islami dengan gabungan nuansa Romanian nya. Saat ini Cordoba dihuni lebih dari 350.000 penduduk. 

Cordoba pernah diduduki 2 kerajaan besar di wilayah Andalusia yaitu Romanian dan Kaum Muslim. Peninggalan arsitektur kaum roma biasanya berupa kuil-kuil pemujaan dewa yang dibuat dengan pilar-pilar raksasa dengan ukiran roma dan bentuk bangunan yang memiliki segi lancip seperti salip yang terletak di atas bukit. Sedangkan pengaruh islam dilihat dari gaya arsitektur beberapa bangunan yang berbentuk geometris, dekoratif dengan ukiran arab, dan dengan ciri khas atap kubah nya. Kebanyakan kubah Islam seperti struktur Bizantium, bentuk kubah tidah sepenuhnya berbentuk bundar, namun naik lebih membentuk persegi, sehingga direncanakan seperti menjembatani sudut alun-alun dengan squinches atau pendentives dan digunakan oleh arsitek Bizantium untuk menciptakan dasar segi delapan atau lingkaran untuk kubah. Sedangkan untuk gaya arsitektur jembatan, umat islam merancang sudut jembatan dengan lengkungan tinggi dengan pemasangan lengkung jendela clerestory, dengan pola geometris yang rumit dengan dasar persegi 8 untuk landasan kubah. Pola Arsitektur Islam lebih rumit dibanding milik Romawi karena menyimpan rahasia estetika dan konfigurasi sempurna dalam hal proses perancangan pembangunan bangunan kubah-kubah indah tersebut.  

Masjid di Cordoba berada pada posisi historis strategis yang merupakan monumental pembangunan pertama pada agama islam di barat, dapat dipandang sebagai monumen puncak kejayaan Islam. Setelah Kaum Kristen Roma berhasil mengambil alih kekuasaan Islam di Cordoba, terjadi perubahan ekstrim dalam arsitektural peninggalan islam. Misalnya Masjid Cordoba yang diubah menjadi Kuil Kristen setelah direnovasi dengan ditambahkan ornament-ornament gothic pada interiornya dan menambahkan atap berbentuk salib yang dibangun melebihi tinggi kubah masjid.  Adapun bukti peninggalan arsitektur kuno nya berupa Kuil-kuil Roma, Teater Roma, Roman Mausoleum, Jembatan bergaya Roma, Guadalquivir Mills, Site Of Madinat Al-Zahra (Abad ke-10). 

Dari kajian di atas dapat disimpulkan bahwa gaya dan pola arsitektur yang menjadi cirri khas suatu kota bergantung pada sejarah yang membentuknya. Dengan adanya ketelibatan antara 2 kekuasaan besar di Cordoba menyebabkan perpaduan seni arsitektur Byzantium dan Katolik Roma yang menciptakan estetika unik pada setiap bangunan yang berdiri di kota ini. Dan berdampak pada perubahan fungsi bangunan maupun pembentukan pola ruang perkotaan di Cordoba.

Gambar Bangunan Bersejarah Peninggalan Islam di Cordoba

Sumber Artikel Asli : ismiy blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar